Timnas Wanita Indonesia Buka Peluang Naturalisasi, Ada 2 Kode Pemain Keturunan

Timnas Wanita Indonesia Buka Peluang Naturalisasi, Ada 2 Kode Pemain Keturunan

Timnas Wanita Indonesia Buka Peluang Naturalisasi, Ada 2 Kode Pemain Keturunan – Dua nama pemain keturunan muncul di media sosial seolah memberikan kode terbuka untuk membela timnas wanita Indonesia. 

 

Noa Leatomu dan Estella Loupatty muncul di media sosial dan disebut-sebut bersedia bergabung dengan skuat Garuda Pertiwi. 

 

Kemunculan mereka selaras dengan ucapan pelatih timnas wanita Indonesia, Satoru Mochizuki, yang menyatakan membuka peluang IDCASH88 untuk memanggil pemain naturalisasi guna memperkuat tim ke depannya.

 

Saat diwawancara di Lapangan B, Senayan, pada Rabu (22/5/2024), Mochizuki mengungkapkan, “Ya, saya sedang memikirkan ke arah sana (memanggil pemain naturalisasi).” 

 

Ia menambahkan, “Untuk saat ini, saya akan melihat dan memantau bagaimana para pemain tersebut.”

 

Meski demikian, pelatih yang akrab disapa Coach Mochi mengaku tidak akan terburu-buru dalam memutuskan siapa pemain yang akan dinaturalisasi. 

 

Ia berencana untuk melakukan pemantauan langsung terlebih dahulu terhadap calon-calon pemain naturalisasi ini sebelum mengambil keputusan final.

 

Langkah memanggil pemain naturalisasi ini diharapkan dapat menambah kekuatan timnas wanita Indonesia dalam menghadapi berbagai kompetisi yang akan diikuti. 

 

Dengan masuknya talenta-talenta baru keturunan Indonesia, diharapkan kualitas skuat Garuda Pertiwi dapat meningkat secara signifikan.

 

Meskipun demikian, Coach Mochi, pelatih yang akrab disapa, mengungkapkan bahwa dia tidak akan terburu-buru dalam menentukan pemain mana yang akan dinaturalisasi untuk timnas wanita Indonesia. 

 

“Ada kemungkinan mereka dipanggil, tapi saat ini saya belum melakukan peninjauan langsung,” jelasnya. 

 

Setelah pernyataan tersebut, media sosial mulai ramai dengan munculnya dua nama pemain keturunan yang siap membela timnas wanita Indonesia, yakni Noa Leatomu dan Estella Loupatty. 

 

Keduanya diposting dalam kolom komentar akun @nusantara.ballers yang membagikan komentar Coach Mochi. 

 

Menurut informasi dari @zonafutbolid, Noa Leatomu, yang lahir pada tahun 2003, merupakan pesepak bola wanita yang memiliki keturunan dari kakeknya yang berasal dari Indonesia. 

 

Dia bermain sebagai winger kanan dan saat ini bermain untuk klub Belanda, Fortuna Sittard. 

 

Selain itu, ada juga Estella Loupatty, yang saat ini berusia 20 tahun dan membela klub Belanda, Telstar.

 

Dari sumber yang sama, diketahui bahwa Estella Loupatty memiliki keturunan Indonesia dari sang ayah, khususnya dari Maluku. 

 

Timnas Wanita Indonesia saat ini sedang mempersiapkan pertandingan uji coba melawan Singapura yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 28 Mei 2024 mendatang. 

 

Sebanyak 34 pemain telah dipanggil untuk pemusatan latihan kali ini, termasuk tiga pemain yang berkarier di luar negeri, yaitu Zahra Muzdalifah, Helsya Maeisyaroh, dan Marsela Awi. 

 

Tugas ini menjadi tantangan pertama bagi Coach Mochi dalam memimpin timnas wanita senior, setelah sebelumnya memimpin timnas wanita U-17 Indonesia di Piala Asia Wanita U-17 2024. 

 

Satoru Mochizuki, yang juga dikenal sebagai Coach Mochi, menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan kali pertama dengan para pemain timnas wanita senior, dan pada hari ketiga fokus mereka adalah pada permainan. 

 

Dia menambahkan bahwa banyak pemain yang telah menunjukkan kualitas permainan yang baik, sehingga dia berharap agar para pemain IDCASH88  tidak cepat puas dan terus meningkatkan performa mereka.

 

Timnas Wanita Indonesia, yang dikenal sebagai Garuda Pertiwi, kini dipimpin oleh pelatih kepala baru, Satoru Mochizuki, dari Jepang. 

 

Dibawah kepemimpinan Mochizuki, Safira Ika ditunjuk sebagai kapten tim. 

 

Meskipun demikian, tim ini baru saja menghadapi tantangan berat dalam Kualifikasi Piala Asia Wanita 2026, dengan mengalami kekalahan telak 0-8 dari Singapura. 

 

Meskipun demikian, Timnas Wanita U-17 Indonesia tengah berjuang keras dalam pemusatan latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi Kejuaraan Dunia Wanita U-17 FIFA 2024. 

 

Dengan peringkat FIFA saat ini yang mencapai posisi 99 per 23 Mei 2024, Timnas Wanita Indonesia berada dalam fase pembangunan yang intensif, dengan harapan dapat bersaing di tingkat internasional di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *